Vitamin B complex merupakan sekelompok vitamin B yang biasanya dikemas pada satu suplemen. Vitamin ini terdiri atas vitamin B1 (tiamin, vitamin B2 (ribovlavin), vitamin B3 (niacin), vitamin B5 (asam pantotenat), vitamin B6 (pyridoxine), vitamin B7 (biotin, vitamin B9 (folat), dan terkahir vitamin B12 (cobalamin). Secara umum berikut ini merupakan beberapa manfaat dari vitamin B complex bagi kesehatan. 

Vitamin ini dapat mengurangi stres dan meningkatkan suasana hati. Penelitian menunjukkan bahwa manfaat zat ini digunakan untuk mengurangi stres dan dapat meningkatkan suasana hati. Vitamin ini diberikan oleh dokter untuk memperbaiki suasana hati yang sedang tidak baik dan meningkatkan semangat penderita yang mengalami kelelahan emosional. Yang kedua, adalah vitamin ini dapar mengurangi gejala kecemasan dan depresi.

Vitamin B complex pada umumnya bukanlah suatu obat khusus untuk gangguan kesehatan mental. Namun manfaat vitamin ini setidaknya dapat membantu untuk mengurangi gejala kecemasan dan depresi. Vitamin ini diberikan kepada penderita dibarengi dengan obat yang biasanya digunakan untuk mengatasi gangguan kesehatan mental. Selain itu vitamin ini juga dapat meningkatkan respons pengobatan antidepresan. Hal yang perlu diperhatikan bahwa bila seseorang kekurangan vitamin B seperti B12, B6, serta folat kemungkinan besar dapat meningkatkan risiko depresi. 

Manfaat ketiga adalah berfungsi menunjang kesehatan otak. Dilansir dari WebMD, bahwa manfaat vitamin ini yang sayang sekali dilewatkan lainnya ialah dapat menunjang kesehatan otak. Mencukupi kebutuhan vitamin B setiap hari sangatlah penting supaya mengoptimalkan fungsi dari fisiologis dan neurologis. 

Selanjutnya manfaat dari vitamin ini lainnya ialah mempercepat penyembuhan luka dan sariawan. Dilansir dari laman Medical News Today, vitamin ini berpotensi untuk membatu mempercepat penyembuhan luka dan sariawan. Sejumlah penelitian para ahli juga membuktikan bahwa mengkonsumsi vitamin tersebut terutama jenis B12 dapat membantu memproses penyembuhan luka terutama pada hewan uji yang terkena penyakit diabetes. Selain itu, vitamin B12 terbukti dapat membantu mengatasi dan mengurangi nyeri yang ditimbulkan oleh sariawan. 

Kelima, manfaat vitamin ini ialah dapat meringankan gejala PMS. Beberapa bukti menunjukkan bahwa manfaat vitamin ini dapat meringankan gejala sindrom pra menstruasi. Keenam, vitamin ini dapat mencegah munculnya migrain. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa manfaat dari vitamin ini ialah dapat membantu mencegah serangan migrain. Menurut ahli, peranan vitamin terutama yang berjenis B2, B6, B9, dan B12 bisa mencegah munculnya penyakit tersebut. Salah satunya dengan mempengaruhi disfungsi mitokondria pada tingkat sel. Dengan begitu, frekuensi rasa sakit yang ditimbulkan migrain bisa berkurang signifikan. 

Vitamin ini termasuk sebuah vitamin yang dapat larut ke dalam air. Yang berarti bahwa vitamin ini tidak bisa disimpan di dalam tubuh. Kebutuhan setiap individu akan berbeda-beda, tergantung kondisi kesehatan dan usia. Untuk mencukupi kebutuhan vitamin B setiap harinya, seseorang dianjurkan mendapatkannya dari beragam sumber alami dari makanan. Beberapa sumber alami yang mengandung vitamin ini di antaranya ialah biji-bijian, daging ayam, susu, ikan, telur, dan sayur-sayuran yang segar dan lain sebagainya.

Untuk Anda yang ingin mencari vitamin b complex ini, pastikan Anda mengunjungi pyfahealth.com. Disana Anda bisa menemukan vitamin tersebut, selain Anda bisa membelinya disana. Maka disana pula Anda bisa mendapatkan informasi mengenai penggunaan vitamin tersebut, seperti dosis yang disarankan dan apa saja kandungan yang ada di dalamnya. Pyfa Health menjadi solusi untuk Anda yang ingin mendapatkan vitamin terbaik.

 

Post a Comment

Previous Post Next Post