Investasi merupakan satu kata yang kita sering kali mendengarnya, itu tentunya berkaitan dengan finansial atau keungan seseorang. Apa itu Investasi? Secara sederhana investasi merupakan istilah yang sudah tidak asing lagi terdengar ditelinga kita, ini merupakan upaya untuk menanamkan modal atau dana dengan harapan kita bisa memperoleh keuntungan dimasa yang akan datang.

Sementara itu pengertian investasi menurut OJK yaitu penanaman modal yang biasanya dilakukan dalam jangka panjang untuk pengadaan aktiva lengkap atau pembelian saham-saham serta surat berharga lainnya untuk memperoleh keuntungan.

Investasi Adalah Hal Yang Penting, Ini Beberapa Manfaatnya
Investasi Adalah Hal Yang Penting, Ini Beberapa Manfaatnya

Mengenai masalah investasi sendiri ada banyak sekali, diantaranya seperti saham, sukuk, deposito, obligasi, menabung, asuransi serta reksa dana. Mengenai bentuk contoh investasi yang lainnya yaitu seperti pembelian tanah, emas dan perhiasan sampai dengan menjalankan bisnis. Mengenai masalah investasi sendiri dapat dilakukan oleh beberapa individu ataupun badan usaha diantaranya yaitu seperti dalam bentuk perusahaan. Dalam Sederhananya, pengertian investasi adalah mengembangkan uang atau aset lain agar memberikan keuntungan di masa mendatang untuk mencapai tujuan tertentu.

Tujuan-tujuan tertentu dimaksud dalam hal ini yaitu seperti keinginan dalam membuka usaha, menyekolahkan anak, membangun rumah, dan sebagainya. Untuk jenis investasi secara umum ini terbagi 2 jenis yaitu dalam jangka panjang dan investasi jangka pendek. Apa perbedaannya?

Investasi jangka pendek yaitu investasi yang keuntungannya diharapkan bisa terwujud setidaknya ini memiliki kurun waktu satu sampai dengan tiga tahun.

Sedangkan investasi jangka panjang adalah investasi yang pengembaliannya bisa didapatkan dengan kurun waktu di atas 3 tahun. Mengenai jangka waktu investasi tersebut biasanya sudah terkait dengan jumlah return, maka dari itulah biasanya investasi dengan jenis jangka panjang ini memberikan return yang lebih besar dibandingkan dengan investasi jangka pendek. Ini karena keuntungan investasi dalam jangka pendek bisa diperoleh lebih cepat.

Akan tetapi ketika kita melakukan investasi juga akan megalami resiko, maksud resiko disini yaitu kehilangan dana ataupun asset lain pada saat sedang investasi tak sesuai dengan harapan atau bahkan gagal. Nah kali ini kita akan membahas mmemgenai manfaat dari investasi.

Manfaat investasi, Ini Penting Bagi Masa Depan Kita

1. Kebebasan finansial

Ini merupakan salah satu dari beberapa tujuan investasi, setiap orang pasti mengidamkan kehidupan yang bebas finansial. Yang dimana seseorang dianggap sudah bisa memperoleh passive income bisa memenuhi hidup dalam jangka panjang. Untuk  mereka yang bekerja, passive income merupakan pendapatan yang di luar gaji diterima setiap bulannya dari tempat bekerjanya. Dengan kata lain bahwa kebebasan finansial bisa Anda peroleh ketika kebutuhan hidupnya sudah terpenuhi walaupun seseorang memutuskan untuk tidak lagi bekerja.

2. Melindungi aset dari inflasi

Ini merupakan sebagai tujuan berikutnya dari kita melakukan investasi, yaitu berguna untuk melindungi asset yang kita miliki dari inflasi. Adanya inflasi yang terjadi terus menerus disetiap tahunnya tentu saja akan membuat nilai aset kita menjadi berkurang. Dengan investasi, maka tentu saja aset juga akan jadi berkembang sehingga menghasilkan nilai tambah untuk dapat mengimbangi gerusan inflasi.

3. Meningkatkan kekayaan

Berikutnya yaitu manfaat yang bisa kita dapatkan dari investasi yaitu dapat meningkatkan jumlah asset atau kekayaan yang dimiliki. Untuk seseorang yang sedang bekerja, maka hasil return investasi pastinya bisa menjadi tambahan penghasilan.

4. Kebutuhan darurat

Banyak orang memilih investasi sebagai jalan yang aman pada saat sedang mengalami kondisi yang darurat, hal tersebut sebagai salah satu upaya untuk mengantisipasi hal-hal yang mendadak terjadi dimasa yang akan datang.

Nah tentu saja investasi adalah hal yang sangat penting, jika kita mengetahui beberapa manfaatnya diatas.

Post a Comment

Previous Post Next Post